Cara Membuat Desktop Windows Bekerja Baik pada High-DPI Display dan Memperbaiki Font Buram


Setelah pengguna Windows telah menyaksikan smartphone, tablet, dan bahkan laptop Mac mendapatkan high-density display, mereka akhirnya tiba pada laptop Windows yang baru. Tapi hati-hati dg apa yang Anda inginkan - banyak aplikasi desktop memiliki masalah pada tampilan high-DPI.

Windows telah memiliki beberapa dukungan untuk DPI scaling, tetapi beberapa program desktop mengambil keuntungan dari itu. Sekarang, Windows desktop memiliki masalah gigi - hanya seperti ketika Microsoft awalnya dilembagakan UAC.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis untuk Windows 8, tapi Windows 10 bahkan lebih baik pada berurusan dengan tampilan high-DPI.

Upgrade ke Windows 8.1 atau 10


Windows 8.1 atau 10 menawarkan banyak peningkatan skala layar untuk high-density display. Jika Anda menggunakan Windows 8, yang updrade gratis ke Windows 8.1 adalah no-brainer, dan Windows 10 sekarang upgrade gratis dari Windows 7 atau 8.

Jika Anda masih menggunakan Windows 7 - baik, Anda tidak harus menggunakan Windows 7 pada layar high-density. Laptop baru dengan tampilan high-density akan datang dengan Windows 8.1 atau 10 - tetap dengan Windows 8.1 atau 10 dan jangan mencoba mendowngrade mereka. Windows 8.1 atau 10 dapat dikonfigurasi untuk bekerja lebih baik pada sistem desktop dan memiliki dukungan yang lebih baik untuk tampilan high-DPI.

Windows 8.1 atau 10 secara otomatis memilih pengaturan tampilan skala yang benar untuk setiap tampilan berdasarkan kepadatan pixel dan resolusi. Anda juga dapat memiliki pengaturan skala independen untuk setiap tampilan - jadi jika Anda pasang di monitor eksternal, Windows secara otomatis akan memilih tingkat skala yang benar. Versi Windows sebelumnya akan memaksa pengaturan skala yang sama pada setiap monitor yang terhubung.

Kontrol Seluruh Skala Sistem Display


Jika laptop Anda, convertible, atau tablet datang dengan layar high-density, Windows 8.1 atau 10 secara otomatis akan memilih pengaturan untuk itu skala yang tepat. Namun, Anda mungkin masih ingin memodifikasi pengaturan skala jika Anda ingin elemen pada layar Anda muncul lebih kecil atau lebih besar.

Untuk mengakses pengaturan ini, klik kanan desktop background Windows dan pilih Screen resolution. Klik link "Make text and other items larger or smaller" di jendela Screen resolution dan Anda akan dapat mengatur tingkat skala kustom untuk tampilan Anda.



Tidak seperti pada versi Windows sebelumnya, Anda tidak perlu log out dan login kembali setelah mengubah pengaturan ini - perubahan Anda akan segera berlaku.

Perbaiki Font Buram di Aplikasi Tertentu


Banyak aplikasi desktop pihak ketiga memiliki font buram ketika scaling digunakan. Windows 8.1 dan 10 memungkinkan skala DPI untuk semua aplikasi desktop, dan orang-orang yang tidak high-DPI sadar akan memiliki teks kabur atau tidak jelas, terutama ketika mereka sedang ditiup hingga 200%.

Secara teoritis, ini hanya berlaku untuk aplikasi "lebih tua" yang tidak menyadari DPI scaling. Dalam prakteknya, masalah ini berlaku untuk banyak aplikasi desktop sangat populer seperti Google Chrome dan Steam.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menonaktifkan display scaling untuk aplikasi tertentu. Untuk melakukannya, klik kanan shortcut aplikasi desktop dan pilih Properties. Jika aplikasi tersebut pada taskbar, klik kanan ikon taskbar, klik kanan nama aplikasi, dan pilih Properties.



Klik tab Compatibility dan klik kotak centang "Disable display scaling on high DPI settings". Setelah Anda melakukannya, tutup aplikasi dan membukanya kembali.



Font tidak akan muncul kabur lagi dalam aplikasi, tapi elemen grafis kemungkinan akan jauh lebih kecil. Ini adalah trade-off yg Anda harus buat. Tergantung pada program ini, Anda mungkin dapat memperbesar font dan elemen grafis lainnya di jendela preferensi untuk membuat mereka terlihat lebih besar dan mengkompensasi hilangnya skala yang tepat,

Anda juga bisa hanya menonaktifkan DPI scaling seluruh sistem dengan memilih skala 100% di layar panel kontrol di atas. Jika Anda melakukan ini, semuanya akan terlihat lebih kecil. Apakah ini dapat diterima tergantung pada bagaimana padatnya pixel layar Anda dan seberapa baik penglihatan Anda.

Memperbaiki Google Chrome (atau Aplikasi Lainnya)


Catatan: Pada titik ini Chrome harus bekerja jauh lebih baik pada tampilan high-DPI. Kami akan terus bagian ini hanya untuk anak cucu, tetapi Anda juga dapat menggunakan teknik yang sama untuk setiap aplikasi yang rusak.

Pada versi 31 pada Windows 8.1, Chrome saat ini sangat rusak pada tampilan high-DPI. Mudah-mudahan, Anda membaca ini beberapa waktu di masa depan dan Chrome telah diperbarui untuk memperbaiki semua masalah ini. Jika belum, berikut adalah cara kita memperbaiki masalah ini di Chrome 31.

Pertama, masuk ke shortcut jendela properti Chrome dan aktifkan opsi Disable display scaling on high DPI settings.



Restart Chrome dan semuanya akan tampak tajam, tapi sangat kecil. Ini tidak cukup baik. Ketik chrome://flags ke lokasi bar Chrome dan tekan Enter untuk mengakses halaman Flags yg tersembunyi.

Gulir ke bawah untuk menemukan pengaturan Touch Optimized UI, set ke Enabled, dan kemudian luncurkan kembali Chrome. (Ada juga pengaturan HiDPI Support dalam daftar Flags - abaikan untuk saat ini, karena tampaknya mengakibatkan banyak gangguan grafis dalam antarmuka Chrome.)



Berikutnya, buka halaman Chrome Settings. Gulir ke bawah dan klik pilihan Show advanced settings, kemudian gulir ke bawah ke bagian konten Web

Atur tingkat zoom halaman default baik 150% atau 125%, tergantung pada resolusi layar dan penglihatan. Ini akan membuat segala sesuatu di halaman web terlihat lebih besar - tidak hanya teks, tapi gambar dan elemen lainnya.



Chrome sekarang harusnya diperbaiki. Internet Explorer dan Mozilla Firefox keduanya muncul untuk bekerja baik-baik saja tanpa tweaking yg diperlukan, sehingga Anda juga bisa mencoba salah satu dari mereka.

Ingat bahwa Anda dapat menyesuaikan ukuran font pada setiap halaman web individu. Untuk melakukannya, tahan Ctrl dan tekan + atau -, tahan Ctrl dan gulir roda mouse ke atas atau bawah, atau gunakan opsi zoom dalam menu Chrome.

Aplikasi gaya Windows 8 atau 10 sebenarnya skala baik untuk tampilan high-density  dan menawarkan teks tajam dan gambar tanpa ada bug yg akan anda temukan di desktop. Menggunakan aplikasi Windows 8 akan menjadi cara yang bagus untuk menghindari semua masalah dengan desktop - jika ada cukup aplikasi yang tersedia. Beralih ke Windows 8 antarmuka baru akan menjadi non-starter bagi kebanyakan orang, terutama karena Microsoft bahkan tidak menawarkan versi aplikasi Office sendiri untuk antarmuka baru.

Share on Google Plus

About Acep Js

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment