Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Penggunaan UEFI bukannya BIOS


Windows 8 PC baru tidak disertai BIOS tradisional. Sebaliknya mereka menggunakan UEFI firmware, seperti Mac yg sudah bertahun-tahun. Bagaimana Anda pergi untuk melakukan tugas-tugas sistem umum yg telah berubah.

Jika Anda tertarik mengapa UEFI menggantikan BIOS, lihatlah gambaran kami tentang UEFI dan bagaimana itu berbeda dari BIOS tradisional.

Anda perlu untuk Mengakses Pilihan ini dari dalam Windows


Daripada memiliki PC modern tunggu beberapa detik untuk menekan tombol dan menunda proses boot cepat mereka, Anda harus mengakses menu pilihan boot setelah booting ke Windows.

Untuk mengakses menu ini, buka pesona Settings - baik menggesek di dari kanan dan tekan Settings atau tekan Windows Key + I. Klik pilihan Power di bawah pesona Settings, tekan dan tahan tombol Shift, dan klik Restart. Komputer Anda akan reboot ke menu pilihan boot.

Catatan: jika Anda menggunakan Windows 10 Anda bisa mendapatkan menu opsi daya dari Start Menu. Hanya tahan SHIFT dan klik Restart dengan cara yang sama.



Akses Pengaturan UEFI Tingkat Rendah


Untuk mengakses UEFI Firmware Settings, yang merupakan hal yang paling dekat tersedia untuk layar setup khas BIOS, klik ubin Troubleshoot, pilih Advanced Options, dan pilih UEFI Firmware Settings.



Klik pilihan Restart setelah itu dan komputer Anda akan reboot ke layar pengaturan UEFI firmware-nya.

Anda akan menemukan pilihan yang berbeda di sini pada komputer yang berbeda. Misalnya, hanya beberapa pilihan yang tersedia di Microsoft Surface Pro PC, tapi banyak pilihan lebih mungkin akan tersedia pada desktop PC tradisional.



UEFI berlaku untuk komputer baru. Anda tidak akan melihat opsi UEFI Firmware Settings di sini jika Anda menginstal Windows 8 atau 10 pada komputer tua yang datang dengan BIOS bukannya UEFI - Anda hanya harus mengakses BIOS selalu dengan cara yang sama Anda.

Perhatikan bahwa opsi pilihan menu boot ini mungkin tidak hadir pada semua UEFI PC. Pada beberapa UEFI PC, Anda mungkin harus mengakses layar pengaturan UEFI dengan cara yang berbeda - periksa dokumentasi PC Anda untuk petunjuk jika Anda tidak melihat tombol di sini.

Menonaktifkan Secure Boot


Layar pengaturan UEFI memungkinkan Anda untuk menonaktifkan Secure Boot, fitur keamanan berguna yang mencegah malware dari pembajakan Windows atau sistem operasi lain yang diinstal. Namun, hal itu juga dapat mencegah sistem operasi lain - termasuk distribusi Linux dan versi Windows seperti Windows 7 - dari boot dan menginstal.

Anda dapat menonaktifkan Secure Boot dari layar pengaturan UEFI pada setiap PC Windows 8 atau 10. Anda akan diberikan keuntungan keamanan penawaran Secure Boot, tapi Anda akan mendapatkan kemampuan untuk boot sistem operasi yang Anda suka.



Boot dari Removable Media


Untuk boot komputer Anda dari removable media - misalnya, untuk boot drive USB Linux live - Anda harus mengakses layar pilihan boot. Pilih opsi Boot Device dan memilih perangkat yang ingin Anda boot dari. Tergantung pada perangkat keras komputer yg Anda miliki, Anda akan melihat berbagai pilihan seperti USB drive, CD/DVD drive, SD card, network boot, dan sebagainya.



Legacy BIOS Mode


Banyak komputer dengan UEFI firmware yg akan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan mode kompatibilitas legacy BIOS. Dalam mode ini, fungsi UEFI firmware sebagai BIOS standar bukannya UEFI firmware. Hal ini dapat membantu meningkatkan kompatibilitas dengan sistem operasi yang lebih tua yang tidak dirancang dengan UEFI dalam pikiran - Windows 7, misalnya.

Jika PC Anda memiliki pilihan ini, Anda akan menemukan itu di layar pengaturan UEFI. Anda hanya harus mengaktifkan ini jika diperlukan.

Mengubah Waktu Sistem


BIOS umumnya terdapat built-in jam yang menampilkan waktu dan memungkinkan pengguna untuk mengubahnya dari layar pengaturan BIOS. PC dengan UEFI masih mengandung jam hardware yang bekerja dengan cara yang sama, tapi mungkin tidak memberikan pilihan untuk mengontrol ini di layar pengaturan UEFI. Ini tidak terlalu penting - mengubah waktu pada sistem operasi Anda dan itu akan mengubah waktu jam sistem, juga.



Akses Informasi Hardware


Layar pengaturan UEFI Anda mungkin atau mungkin tidak menawarkan kemampuan untuk melihat informasi tentang hardware dalam komputer Anda dan suhu nya. Jika tidak, ini tidak terlalu penting - Anda selalu dapat melihat informasi ini dengan alat sistem informasi di Windows, seperti Speccy.



Mengubah Pengaturan Hardware


BIOS secara tradisional menawarkan berbagai pengaturan untuk tweaker sistem perangkat keras - overclocking CPU Anda dengan mengubah pengganda dan pengaturan tegangan, tweaking timing RAM Anda, mengkonfigurasi memori video Anda, dan memodifikasi pengaturan hardware-terkait lainnya. Pilihan ini mungkin atau mungkin tidak hadir dalam perangkat keras UEFI firmware Anda. Misalnya, pada tablet, convertible, dan laptop, Anda mungkin tidak menemukan pengaturan ini. Pada motherboard desktop yang dirancang untuk tweakers, Anda harus mudah-mudahan menemukan pengaturan ini di layar pengaturan UEFI Anda.

Sedangkan metode mengakses layar pengaturan UEFI dan booting dari perangkat removable keduanya berbeda, tidak banyak lagi yang telah berubah. Sama seperti BIOS yg disertakan dengan khas laptop menawarkan pilihan lebih sedikit daripada BIOS termasuk dengan motherboard yang ditujukan untuk penggemar, pengaturan layar UEFI firmware pada tablet dan convertible menawarkan pilihan lebih sedikit daripada desktop mereka yang UEFI-enabled.
Share on Google Plus

About Acep Js

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment