Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop Anda untuk Perkiraan Masa Pakai Baterai yang Akurat


Jadi Anda menggunakan laptop Anda dan, semua tiba-tiba, mati. Tidak ada peringatan baterai dari Windows - pada kenyataannya, Anda baru saja memeriksa dan Windows mengatakan Anda memiliki 30% daya baterai lagi. Apa yang sedang terjadi?

Bahkan jika Anda memperlakukan baterai laptop Anda benar, kapasitasnya akan menurun dari waktu ke waktu. Built-in power meter memperkirakan berapa banyak jus yang tersedia dan berapa banyak waktu pada baterai yang tersisa - tetapi kadang-kadang dapat memberikan perkiraan yang salah.

Catatan: teknik dasar ini harusnya bekerja pada Windows 10, 8, 7 atau Vista, atau benar-benar untuk perangkat apapun.

Mengapa Kalibrasi Baterai Diperlukan

Jika Anda mengambil perawatan yang tepat dari baterai laptop Anda, Anda harus memungkinkan untuk melepaskan sebelum plugging kembali dan topping off. Anda tidak harus membiarkan baterai laptop Anda mati sepenuhnya atau bahkan mendapatkan sangat rendah setiap kali Anda menggunakannya. Melakukan top-up secara berkala akan memperpanjang hidup baterai Anda.

Namun, perilaku semacam ini dapat membingungkan meteran baterai laptop. Tidak peduli seberapa baik Anda merawat baterai, kapasitasnya masih akan menurun sebagai akibat dari faktor-faktor yang tidak dapat dihindari seperti penggunaan khas, usia, dan panas. Jika baterai tidak diperbolehkan untuk berjalan dari 100% ke 0% kadang-kadang, meteran listrik baterai tidak akan tahu berapa banyak jus sebenarnya dalam baterai.


Seberapa Sering Anda harus Mengkalibrasi Baterai?

Produsen umumnya merekomendasikan kalibrasi baterai setiap 2-3 bulan. Hal ini membantu menjaga pembacaan baterai Anda akurat.

Pada kenyataannya, Anda mungkin tidak perlu melakukan hal ini yang sering jika Anda tidak terlalu khawatir tentang pembacaan baterai laptop Anda menjadi benar-benar tepat. Namun, jika Anda tidak mengkalibrasi baterai secara teratur, Anda mungkin akhirnya menemukan laptop Anda tiba-tiba mati pada Anda ketika Anda menggunakannya - tanpa peringatan apapun sebelumnya. Ketika ini terjadi, itu jelas waktu untuk mengkalibrasi baterai.

Petunjuk Kalibrasi Dasar

Kalibrasi, benar-benar, seperti baterai dikalibrasi di masa lalu ketika baterai memiliki kapasitas yang lebih - biarkan jangka baterai dari kapasitas 100% langsung ke hampir mati, lalu lakukan pengisian kembali ke penuh. Meteran listrik baterai kemudian akan melihat berapa lama baterai berlangsung dan mendapatkan ide yang lebih akurat tentang berapa kapasitas sisa baterai.

Beberapa produsen laptop menyertakan utilitas yang akan mengkalibrasi baterai untuk Anda. Alat-alat ini biasanya akan pastikan laptop Anda memiliki baterai penuh, menonaktifkan pengaturan manajemen daya, dan memungkinkan baterai untuk menjalankan untuk mengosongkan sehingga sirkuit internal baterai bisa mendapatkan ide dari berapa lama baterai berlangsung. Periksa situs web produsen laptop Anda untuk informasi tentang menggunakan utilitas yang mereka berikan.

Anda juga harus melihat petunjuk atau file bantuan laptop Anda. Setiap produsen mungkin merekomendasikan prosedur kalibrasi yang sedikit berbeda atau alat untuk memastikan baterai laptop Anda dikalibrasi dengan benar. Beberapa produsen bahkan mungkin merekomendasikan terhadap melakukan hal ini. Apple mengatakan laptop yang lebih baru tidak memerlukan prosedur kalibrasi ini, meskipun model lama dilakukan.


Cara Manual Mengkalibrasi Baterai

Sementara itu ide yang baik untuk menggunakan utilitas yang disertakan atau hanya mengikuti instruksi khusus untuk laptop Anda, Anda juga dapat melakukan kalibrasi baterai tanpa alat khusus. Proses dasar sederhana:


  • Isi Baterai Laptop Anda sampai Penuh - itu 100%.


  • Biarkan sisa baterai untuk setidaknya dua jam, tinggalkan komputer yg terpasang. Ini akan memastikan bahwa baterai sejuk dan tidak masih panas dari proses pengisian. Anda bebas untuk menggunakan komputer Anda secara normal sementara itu terpasang.


  • Masuk ke pengaturan manajemen daya komputer Anda dan mengaturnya untuk secara otomatis sleep atau hibernasi pada 5% baterai.




  • Cabut steker listrik dan biarkan pemakaian komputer Anda sampai otomatis sleep atau hibernates. Anda dapat tetap menggunakan komputer Anda secara normal sementara ini terjadi.

(Catatan: Jika Anda ingin mengkalibrasi baterai saat Anda tidak menggunakan komputer, pastikan komputer Anda tidak diatur untuk secara otomatis tidur, hibernasi, atau mengubah tampilan off selama menganggur. Jika komputer Anda secara otomatis masuk ke mode hemat daya. Saat Anda pergi, itu akan menghemat daya dan tidak akan discharge dengan benar.)



  • Biarkan komputer Anda untuk duduk selama lima jam atau lebih setelah itu mati secara otomatis.


  • Pasang komputer Anda kembali ke outlet dan isi kembali hingga 100%. Anda dapat tetap menggunakan komputer Anda secara normal.


  • Pastikan pengaturan manajemen daya diatur ke nilai normal. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin komputer Anda untuk secara otomatis mematikan layar dan kemudian pergi sleep ketika Anda tidak menggunakannya untuk menghemat daya baterai.



Laptop Anda sekarang harus melaporkan baterai dg jumlah yang lebih akurat, Anda hemat setiap kejutan shutdowns dan memberikan Anda ide yang lebih baik dari berapa banyak daya baterai yg Anda miliki pada waktu tertentu. Kunci untuk kalibrasi yang memungkinkan baterai untuk menjalankan dari 100% menjadi hampir kosong dan kemudian mengisinya semua jalan hingga 100% lagi, yang mungkin tidak terjadi dalam penggunaan normal.
Share on Google Plus

About Acep Js

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments:

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai tips menghemat baterai di windows 10

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk beberapa informasi tentang cara menghemat baterai di windows 10
    https://bangamingadget.com/menghemat-baterai-di-windows-10/
    terima kasih

    ReplyDelete