Cara Menetapkan Alamat IP Statis di Windows 7, 8, 10, XP, atau Vista


Ketika mengatur jaringan rumah Anda lebih mudah untuk menetapkan setiap komputer alamat IP itu sendiri daripada menggunakan DHCP. Di sini kita akan melihat pada melakukannya di XP, Vista, Windows 7, Windows 8.x, dan Windows 10.

Jika Anda memiliki jaringan rumah dengan beberapa komputer dan perangkat, itu ide yang baik untuk menetapkan masing-masing alamat tertentu. Jika Anda menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), setiap komputer akan meminta dan diberi alamat setiap kali itu boot up. Bila Anda harus melakukan pemecahan masalah pada jaringan Anda, itu akan mengganggu setiap mesin untuk mencari tahu apa IP yang mereka miliki.

Menggunakan Static IP mencegah konflik alamat antara perangkat dan memungkinkan Anda untuk mengelola mereka lebih mudah. Menetapkan IP ke Windows pada dasarnya adalah proses yang sama, tapi mendapatkan ke mana Anda harus bervariasi antara masing-masing versi.

Windows 7 atau Windows 8.x atau Windows 10


Untuk mengubah alamat IP komputer di Windows, ketik network and sharing ke dalam kotak pencarian di Start Menu dan pilih Network and Sharing Center ketika muncul. Jika Anda berada di Windows 8.x akan berada di Start Screen sendiri, seperti screenshot di atas artikel ini. Jika Anda berada di Windows 7 atau 10 itu akan berada di start menu.


Kemudian ketika Network and Sharing Center terbuka, klik pada Change adapter settings. Ini akan sama pada Windows 7 atau 8.x atau 10.


Klik kanan pada adaptor lokal Anda dan pilih Properties.


Dalam Local Area Connection Properties window sorot Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4) kemudian klik tombol Properties.


Sekarang pilih tombol radio Use the following IP adrress dan masukkan dalam IP yang benar, Subnet mask, dan default gateway yang sesuai dengan setup jaringan Anda. Kemudian masukkan alamat server DNS Preferred dan Alternatif Anda. Di sini kita berada di jaringan rumah dan menggunakan konfigurasi jaringan Kelas C yg sederhana dan Google DNS.

Periksa pengaturan Validasi setelah keluar sehingga Windows dapat menemukan masalah dengan alamat yang Anda masukkan. Setelah selesai klik OK.


Sekarang close dari window Local Area Connections Properties.


Windows akan menjalankan diagnostik jaringan dan memverifikasi koneksi yang baik. Di sini kita tidak punya masalah dengan itu, tapi jika Anda mengalaminya, Anda bisa menjalankan wizard pemecahan masalah jaringan.


Sekarang Anda dapat membuka command prompt dan melakukan ipconfig untuk melihat pengaturan adaptor jaringan yg telah berhasil diubah.

Windows Vista

Mengubah IP Anda dari DHCP ke alamat statis di Vista mirip dengan Windows 7, tapi mendapatkan ke lokasi yang benar adalah sedikit berbeda. Buka Start Menu, klik kanan pada Network, dan pilih Properties.


Network and Sharing Centers terbuka ... klik Manage network connections.


Klik kanan pada adaptor jaringan Anda yg ingin di tetapkan alamat IP dan klik Properties.


Sorot Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4) kemudian klik tombol Properties.


Anda harus menutup dari Local Area Connection Properties untuk pengaturan untuk masuk ke efek.


Buka Command Prompt dan lakukan ipconfig untuk memverifikasi perubahan yang berhasil.


Windows XP


Dalam contoh ini kita menggunakan XP SP3 Media Center Edition dan mengubah alamat IP dari adaptor Wireless.

Klik kanan pada adaptor Anda yg ingin diatur untuk IP dan pilih Properties.


Sorot Internet Protocol (TCP / IP) dan klik tombol Properties.


Sekarang ubah IP, Subnet mask, Default Gateway, dan Alamat DNS Server. Setelah selesai klik OK.


Anda akan perlu untuk menutup layar Network Properties sebelum perubahan berlaku.


Sekali lagi Anda dapat memverifikasi pengaturan dengan melakukan ipconfig pada command prompt. Dalam kasus Anda tidak yakin bagaimana melakukan ini, klik Start kemudian Run.


Dalam kotak Run ketik cmd dan klik OK.


Kemudian pada prompt ketik ipconfig dan tekan Enter. Ini akan menampilkan alamat IP untuk adapter jaringan Anda yg berubah.


Jika Anda memiliki kantor kecil atau jaringan rumah, menetapkan setiap komputer alamat IP tertentu membuatnya jauh lebih mudah untuk mengelola dan memecahkan masalah koneksi jaringan.

Share on Google Plus

About Acep Js

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment