Cara Menggunakan Storage Spaces Windows 8 atau 10 untuk Cermin & Menggabungkan Drive



"Storage Spaces" adalah fitur baru di Windows 8 dan Windows 10 yang dapat menggabungkan beberapa hard drive ke drive virtual tunggal. Hal ini dapat mencerminkan data melalui beberapa drive untuk redundansi atau menggabungkan beberapa drive fisik ke dalam kolam tunggal penyimpanan.

Anda bahkan dapat membuat kolam penyimpanan lebih besar dari jumlah ruang penyimpanan fisik yang telah tersedia. Ketika penyimpanan fisik mengisi, Anda bisa pasang di drive lain dan mengambil keuntungan dari itu dengan tidak ada konfigurasi tambahan yang diperlukan. Ruang penyimpanan mirip dengan RAID atau LVM di Linux.

Menciptakan Ruang Penyimpanan


Untuk membuat ruang penyimpanan, Anda harus menghubungkan dua atau lebih tambahan drive ke komputer Anda - Anda tidak dapat menggunakan sistem drive Anda untuk ini. Drive dapat drive internal maupun eksternal.

Anda dapat membuka jendela konfigurasi Storage Spaces dari Control Panel atau dengan mengusung layar Start dengan tombol Windows, ketik "Storage Spaces," mengklik kategori Settings dan memilih pintas Storage Spaces. Jika Anda menggunakan Windows 10 Anda harus mencari menggunakan Start Menu sebagai gantinya.



Jika Anda belum menyiapkan ruang penyimpanan sama sekali, Anda hanya akan melihat link untuk membuat ruang penyimpanan baru. Setelah Anda menyiapkan ruang penyimpanan, informasi tentang ruang penyimpanan sistem anda akan muncul di sini.



Pilih drive yang ingin Anda gunakan untuk ruang penyimpanan dan klik tombol "Create pool" untuk melanjutkan. Anda akan kehilangan file yang sudah di drive - salin file penting dari drive sebelum penyatuan mereka. Anda dapat menambahkan drive tambahan nanti.



Setelah memilih drive ke kolam, Anda harus mengkonfigurasi ruang penyimpanan baru Anda. Nama dan huruf drive yang cukup jelas - ruang penyimpanan akan muncul sebagai huruf drive yang Anda tentukan di sini.

Windows akan memberitahu Anda kapasitas fisik maksimum drive menggenang Anda, tetapi Anda dapat menentukan ukuran logis besar sewenang-wenang. Misalnya, Anda bisa membuat kolam dua drive 20GB dan pilih ukuran gabungan dari 500GB. Ruang penyimpanan akan muncul untuk Windows dan program lainnya sebagai drive yang memiliki 500GB penyimpanan yang tersedia. Ketika drive mulai mengisi dan mendekati 40GB batas fisik, Windows akan menampilkan pemberitahuan di Action Center, mendorong Anda untuk menambahkan ruang penyimpanan fisik tambahan.

Resiliency type mengontrol bagaimana Windows menangani data Anda. Ada empat pilihan:


  • None: Windows akan menyimpan hanya satu salinan data Anda. Anda akan kehilangan data jika salah satu drive Anda gagal, tapi tidak ada ruang yg akan digunakan pada backup.
  • Two-way mirror: Windows akan menyimpan dua salinan data Anda. Jika salah satu dari drive Anda gagal, Anda tidak akan kehilangan data Anda. Ini membutuhkan setidaknya dua drive.
  • Three-way mirror: Windows akan menyimpan tiga salinan data Anda. Jika salah satu atau dua dari drive Anda gagal, Anda tidak akan kehilangan data Anda. Ini membutuhkan setidaknya tiga drive.
  • Parity: Windows menyimpan informasi paritas dengan data, melindungi Anda dari kegagalan drive tunggal. Paritas menggunakan ruang drive lebih efisien daripada mirroring, tapi waktu akses file lebih lambat. Paritas ideal untuk drive dengan besar, file jarang diperbarui, seperti file video.


Setelah Anda telah memasukkan pengaturan Anda, klik tombol "Create storage space" dan Windows akan membuat dan memformat ruang penyimpanan.

Menggunakan Ruang Penyimpanan


Ruang penyimpanan baru Anda akan muncul di Windows Explorer sebagai drive normal dengan huruf drive tunggal. Ruang penyimpanan muncul tidak berbeda dari yang normal, drive fisik untuk Windows dan program yang Anda gunakan.



Anda dapat melakukan apapun yang Anda akan lakukan dengan drive normal dengan penyimpanan. Anda bahkan dapat mengaktifkan enkripsi BitLocker drive untuk itu.



Mengelola Ruang Penyimpanan


Setelah membuat ruang penyimpanan, Anda dapat mengunjungi kembali kontrol panel Storage Spaces untuk melihat informasi tentang ruang penyimpanan Anda. Dari jendela ini, Anda dapat melihat ruang yang tersedia di kolam penyimpanan Anda, menambahkan drive tambahan, dan menciptakan ruang penyimpanan baru.



Jika Anda tertarik melihat informasi lebih teknis tentang fitur Storage Spaces, periksa posting ini di blog Microsoft "Building Windows 8".
Share on Google Plus

About Acep Js

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment